Visi dan Misi Pemerintah Kalurahan Bawuran 2021 sampai 2026

27 September 2021
Bawuran
Dibaca 399 Kali

VISI

Visi adalah pernyataan tentang keadaan yang diinginkan atau yang diharapkan dalam kurun waktu tertentu. Visi diartikan sebagai gambaran spesifik tentang apa yang ingin dicapai dan misi adalah bagaimana visi itu diwujudkan.

Visi Lurah Kalurahan Bawuran untuk enam tahun mendatang (2021 - 2026) adalah Terwujudnya Kalurahan Bawuran yang Transparan, Kreatif, Cerdas sehingga tercipta masyarakat yang Agamis, Mandiri, Damai dan Sejahtera.


Visi tersebut mengandung pengertian bahwa pemerintah Kalurahan Bawuran berkeinginan Mewujudkan desa Bawuran yang berdaya kreatif, cerdas dan terbuka dalam pembangunan yang berkesinambungan berlandaskan potensi, sosial dan budaya sehingga tercipta masyarakat yang agamis, mandiri, damai dan sejahtera. Makna dari masing-masing kata yang terdapat dalam visi tersebut adalah sebagai berikut:

  1. Transparan dalam arti setiap keputusan yang diambil dapat dipertanggungjawabkan dan dapat diakses oleh masyarakat.
  2. Kreatif dalam arti masyarakat mempunyai daya cipta pekerjaan maupun ketrampilan yang baru.
  3. Cerdas dalam arti setiap kegiatan yang akan dilakukan dengan selalu dipikirkan segala sesuatu yang akan menjadi output dari kegiatan tersebut.
  4. Agamis dalam arti masyarakat yang religius, taat menjalankan agama yang dianut dan toleransi antar pemeluk agama.
  5. Mandiri dalam arti bahwa kondisi atau keadaan masyarakat Bawuran yang berdiri sendiri tanpa bergantung kepada orang lain.
  6. Damai dalam arti masyarakat dalam melaksanakan kegiatan sehari-hari dapat merasakan ketenangan.
  7. Sejahtera dalam arti bahwa kebutuhan dasar masyarakat Kalurahan Bawuran telah terpenuhi secara lahir dan batin. Kebutuhan dasar tersebut berupa kecukupan dan mutu pangan, sandang, papan, kesehatan, pendidikan, lapangan pekerjaan dan kebutuhan dasar lainnya seperti lingkungan yang bersih, aman dan nyaman, juga terpenuhinya hak asasi dan partisipasi serta terwujudnya masyarakat beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa.

 

MISI

Misi merupakan pernyataan tentang tujuan operasional pemerintah Kalurahanyang diwujudkan dalam kegiatan ataupun pelayanan dan merupakan penjabaran dari visi yang telah ditetapkan. Pernyataan visi merupakan cerminan tentang segala sesuatu yang akan dilaksanakan untuk mencapai gambaran kedepan yang diinginkan. Misi Kalurahan Bawuran dalam RPJMKal Tahun 2020 -2026 adalah sebagai berikut :

  1. Menciptakan pelayanan pemerintahan kalurahan yang jujur, transparan, akuntabel dan profesional melalui peningkatan tata kelola yang responsif, sistematis dan informatif.
  2. Meningkatkan pelatihan kepada kelompok usaha seperti Gapoktan, Kelompok Ternak, Pengrajin maupun Karang Taruna melalui lembaga pemerintah maupun non pemerintah untuk memacu daya cipta dan kreatifitas masyarakat dalam berinofasi di bidangnya.
  3. Melaksanakan kegiatan yang melibatkan masyarakat dengan peningkatan jam belajar masyarakat maupun bimbingan belajar dan menciptakan desa Digital dengan program untuk setiap pedukuhan minimal 2 titik stasiun internet sebagai upaya masyarakat mengakses informasi gratis dan fasilitasi pendidikan jarak jauh sehingga terwujud generasi yang cerdas.
  4. Pembinaan kepada kelompok keagamaan yang melibatkan tokoh-tokoh Agama di wilayah sehingga tercipta masyarakat yang taat melaksakanan agama dengan penuh keimanan.
  5. Kesiapan dan kemampuan Kalurahan Bawuran dalam membangun wilayahnya sebagai wijud kemadirian seperti halnya setiap RT mendapatkan satu program kegiatan sebagai upaya pemerataan dan percepatan pembangunan disamping pembangunan dibidang ekonomi, sosial budaya, kesehatan dan pendidikan dan keagamaan.
  6. Saling menghormati sesama dalam melaksakanan kegiatan sehari-hari dimasyarakat dengan memaksimalkan peran Kampung Siaga Bencana, Linmas, Jagawarga melalui mitigasi atau pengurangan resiko bencana sehingga akan terciptanya ketenangan dan kedamaian.
  7. Setiap pedukuhan dimunculkan setidaknya satu potensi lokal untuk promosi Kalurahan yang bertujuan untuk menciptakan lapangan kerja dan peluang usaha sehingga Pendapatan Asli Kalurahan Meningkat guna mencapai kesejahteraan masyarakat melalui percepatan pembangunan yang berkesinambungan.