Penyampaian Hasil Monitoring dan Evaluasi Sistem Informasi Desa

28 Desember 2017
Administrator
Dibaca 92 Kali

BAWURAN - Sistem Informasi Desa oleh Pemerintah Kabupaten Bantul memang menjadi salah satu kegiatan prioritas, terbukti dengan diadakannya bimtek secara menyeluruh yang diikuti oleh 75 desa di Bantul, serta konsisten mengadakan monitoring dan evaluasi di setiap desa. 4 OPD yang selalu berkoordinasi, yaitu Bagian Administrasi Pemerintahan Bantul, Bappeda Bantul, Kominfo Bantul, serta DPPK PMD Bantul.

Penyampaian hasil moitoring dan evaluasi kegiatan Sistem Informasi Desa dibuka langsung oleh Kabag Administrasi Pemerintahan Desa, Jazim Azis, bertempat di ruang pertemuan Gedung UPT Pengelola Pendidikan Dasar Kabupaten Bantul, Rabu (27/12/2017). Dipaparkan oleh Ibu Nanik dari bagian Administrasi Pemerintahan Desa, berikut hasil dari monev tersebut :

  1. Aplikasi SID di 75 desa sudah aktif, namun banyak yang tidak ditindaklanjuti maupun di upgrade
  2. Perangkat penunjang (PC/Laptop, Printer, ruangan, link data) belum optimal bahkan belum ada
  3. SDM di desa belum memadai
  4. SK, Perdes Desa belum ada
  5. Dukungan dari berbagai pihak belum muncul
  6. Alokasi dana desa untuk SID belum terjabarkan dengan baik
  7. Belum adanya operator khusus yang menangani SID
  8. Honor operator SID belum sesuai dengan beban kerja'
  9. Masih ada desa yang belum melakaukan Hak Akses dari Disdukcapil Bantul
  10. Penerapan Perbup No. 67 tahun 2017 desa masih bingung dalam penganggaran SID tersebut

Untuk itu dimohon kesediaannya bagi desa-desa, terutama Lurah masing-masing untuk dapat berkoordinasi mengenai penganggaran untuk SID tersebut. Serta pihak Administrasi Pemerintahan Desa mengharapkan apa saja yang menjadi kendala ataupun permasalahan-permasalahan agar dapat segera dilaporkan pada Bagian Adminstrasi Pemerintahan Desa. (Foto dan Kontributor : Adhy Irawan S.)