Manfaatkan Aksi Simpati dari Disdukcapil Bantul Dalam Pembuatan Akta Kematian

08 Februari 2019
Administrator
Dibaca 132 Kali
Manfaatkan Aksi Simpati dari Disdukcapil Bantul Dalam Pembuatan Akta Kematian

Lensa Bawuran - Aksi Simpati adalah sebuah inovasi dari Disdukcapil Bantul yang diperuntukkan bagi warga Bantul yang meninggal dunia maka sebelum proses pemakaman akan diserahkan Kutipan. Akta Kematian, KK dan KTP ahli waris. Sudah banyak akta kematian yang dibuat untuk warga Desa Bawuran yang telah meninggal dunia.

Adapun manfaat kegiatan ini agar warga dapat segera memiliki akta kematian tanpa harus menunggu kapan harus mengurus, karena dengan hanya menyerahkan Kartu Keluarga, KTP dan berita lelayu kepada Ketua RT setempat maupun Kepala Dusun masing-masing untuk segera diteruskan ke Petugas Register di Balai Desa, petugas akan segera mengurusnya untuk ahli waris. Manfaat akta kematian ini juga banyak ragamnya, salah satunya memudahkan pembaharuan data kependudukan dan sebagai bukti resmi pengganti KTP yang telah diambil kembali oleh Disdukcapil.

Walau Aksi Simpati ini merupakan inovasi pembuatan Akta Kematian sehari jadi, namun, tidak semua hari bisa dilaksanakannya aksi Simpati ini. Meski begitu, pemasukan data tetap dapat dilakukan melalui desa yang terhubung dalam jaringan intranet Kabupaten Bantul. (Adhy)