Pelatihan Literasi Digital Menuju Data Terbuka

20 Juni 2019
Administrator
Dibaca 121 Kali
Pelatihan Literasi Digital Menuju Data Terbuka

Lensa Bawuran - Setelah adanya sosialisasi dari IDEA, sebuah Lembaga Masyarakat yang membidangi "open data", beberapa waktu yang lalu, dilanjutkan kegiatan berupa pelatihan Literasi Digital yang kali ini mengambil konsep kesetaraan "gender", pada hari Kamis (20/6/2019) bertempat di Radja Resto, Ringroad Selatan, Sewon Bantul.

Diikuti oleh pengelola Sistem Informasi Desa (SID) pada 3 desa yang terpilih yang ada di Kabupaten Bantul, yakni Desa Bawuran dan Desa Pleret dari Kecamatan Pleret, serta 1 desa dari Kecamatan Kasihan yaitu Desa Bangunjiwo. Di samping itu, para perempuan pekerja rumahan dan kegiatan perempuan lainnya juga turut diundang, sehingga harapannya didapat data tentang inspirasi dan eksistensi perempuan dalam semua kegiatan sehari-hari.

Dalam pelatihan tersebut, dibimbing langsung oleh Pimpinan IDEA cabang Yogyakarta, Tenti Novari Kurniawati, M.A., peserta diberikan tugas mengelompokkan kegiatan sehari-hari, dari jam 12 malam hingga 24 jam ķemudian. Ada juga yang mendapat tugas peran laki-laki dan perempuan dalam beberapa situasi, dalam hal ini peran dalam domestik, reproduksi, dan publik. Selain itu, tugas lain juga diberikan yaitu menganalisa kepemilikan beberapa aset domestik atau dalam keluarga.

Pembahasan bersama dari masing-masing tugas yang telah dikerjakan, mampu memberikan data dari masing-masing tugas sehingga didapat data-data tentang bagaimana dan apa serta untuk apa hal tersebut dilakukan. Bagi masyarakat awam, mungkin hanya sebatas data yang membingungkan, namun bagi penentu kebijakan, data ini sangat diperlukan.

Nantinya, setelah diadakannya pelatihan ini, diharapkan data berbasis gender ini dapat ditampilkan pada halaman web desa masing-masing, sehingga mampu memberikan informasi kepada warga desa terutama perempuan tentang kesetaraan perempuan dalam segala kegiatan, baik partisipasi dalam musyawarah maupun dalam menentukan suatu kebijakan atau keputusan. Di Kabupaten Bantul sendiri, pernah juga diberikan asistensi aplikasi "open data" ini, yaitu desa Wonolelo yang ada di Kecamatan Pleret pada tahun 2013 lalu. (Irawan)