Sosialisasi Pengisian Bamuskal, Ini Syaratnya

31 Agustus 2023
Bawuran
Dibaca 1.545 Kali

Lensa Bawuran - Masa kerja anggota Badan Permusyawaratan Kalurahan (Bamuskal) Kalurahan Bawuran akan selesai pada tahun 2024, Panitia yang sudah dibentuk melakukan kegiatan sosialisasi pengisian yang diadakan pada Rabu (30/08) bertempat di Pendopo Kalurahan Bawuran. Peserta mendengarkan dengan seksama dan menyimak informasi yang disampaikan selama sosialisasi tersebut.

Badan Permusyawaratan Kalurahan (Bamuskal) adalah lembaga yang berfungsi sebagai perwakilan masyarakat dalam hal perencanaan, pengawasan, dan pelaksanaan pembangunan di tingkat kelurahan atau desa. Bamuskal memiliki peran penting dalam mewujudkan partisipasi masyarakat dalam pengambilan keputusan yang berkaitan dengan pembangunan dan pemerintahan di tingkat lokal.

Dalam acara sosialisasi tersebut, Panitia menyampaikan berbagai informasi terkait dengan proses pengisian anggota Bamuskal, syarat-syarat yang harus dipenuhi oleh calon anggota Bamuskal, tugas dan tanggung jawab Bamuskal, serta manfaat keberadaan lembaga tersebut bagi masyarakat di kalurahan Bawuran. Peserta diharapkan dapat memahami dan mengerti pentingnya peran Bamuskal dalam mengadvokasi kepentingan masyarakat setempat.

Dijelaskan pula bahwa di Kalurahan Bawuran dengan jumlah penduduk di atas 6.000 jiwa, mendapat jatah pengisian sebanyak 7 orang. Adapun persyaratan calon anggota Bamuskal diantaranya mengisi formulir pengajuan permohonan sebagai anggota Bamuskal, Fotocopy KTP, Fotocopy Ijazah terakhir dan Pas foto dengan background merah serta  mengisi surat pernyataan yang telah disediakan oleh panitia.

Adapun pelaksanaan penjaringan tanggal 11  sampai dengan tanggal 15 September 2023 dan akan diperpanjang pad tanggal 18 dan 19 September 2023 apabila belum memenuhi kuota minimal penjaringan. Penetapan calon rencana dilaksanakan tanggal 16 Oktober 2023 dan disampaikan hasil penetapan kepada Lurah pada tanggal 17 Oktober 2023.

Panitia membuka lebar jika ada warga yang memiliki pertanyaan lebih lanjut atau membutuhkan informasi lebih rinci mengenai sosialisasi tersebut dapat menghubungi panitia di Balai Kalurahan Bawuran. (AIS)