Cegah Stunting, Bumil Dimonev

13 Juni 2024
Bawuran
Dibaca 582 Kali
Cegah Stunting, Bumil Dimonev

Lensa Bawuran - Dalam rangka melaksanakan program pemerintah tentang penurunan angka stunting, terutama di wilayah Kabupaten Bantul pada umumnya dan wilayah Kalurahan Bawuran pada khususnya, Pemerintah Kalurahan Bawuran melalui seksi Kamituwa (dulu Kesra/Pelayanan) melakukan monitoring dan evaluasi kesehatan bagi ibu hamil terutama bagi ibu hamil beresiko tinggi (bumil resti).

Bekerjasama dengan petugas dari Puskesmas Kapanewon Pleret, Kamituwa beserta staf didampingi oleh Pendamping Desa, Dukuh serta kader kesehatan, mengunjungi bumil resti di padukuhan Tegalrejo RT01 dan RT02. Dilakukan cek kesehatan berupa pengukuran tekanan darah dan pengawasan gizi serta perkembangan janin melalui buku KIA. Selain itu, diberikan himbauan tentang pola makan, serta menanyakan apa saja yang dirasakan selama kehamilan sehingga nantinya dapat diungkap kasus apa yang sedang dihadapi, untuk dapat dicari atau diberikan solusi dari permasalahan yang dihadapi oleh bumil resti tersebut.

Dalam kesempatan yang sama, Kamituwa memberikan tambahan makanan (PMT) guna menunjang pemenuhan gizi pada saat kehamilan. Hal ini bertujuan agar kehamilan dapat berproses sebagaimana mestinya dan kelak bayi yang lahir selamat, sehat dan normal serta ibu selamat dan penyembuhan pasca melahirkan tidak ada kendala. (AIS)