Pembuatan Pengantar Akte Kelahiran

15 November 2017
Administrator
Dibaca 165 Kali
Pembuatan Pengantar Akte Kelahiran

Syarat-syarat :

  1. Surat Pengantar dari RT setempat diketahui Dukuh setempat;
  2. Surat kelahiran dari bidan/dokter/penolong kelahiran ;
  3. Fotocopy surat  nikah/akta perkawinan orang tua;
  4. Fotocopy kartu keluarga (KK) orang tua;
  5. Fotocopy KTP-el  orang tua;
  6. Fotocopy KTP-el saksi 2 (dua) orang

 

Mekanisme Pelayanan :

  1. Pemohon datang ke Kantor Lurah Desa Bawuran dengan membawa persyaratan yang telah disebutkan
  2. Petugas memverifikasi kebenaran data pemohon beserta syarat-syarat pendukung
  3. Petugas mengentri data pemohon ke dalam aplikasi SIAK  dan mencetak
  4. Kasie. Pemerintahan membubuhkan paraf pada draft Pengantar Kelahiran
  5. Kaur. TU dan Umum memberikan nomor register pada Pengantar Kelahiran
  6. Petugas memintakan tanda tangan Lurah Desa dan membubuhkan stempel pada Pengantar Kelahiran
  7. Petugas menyerahkan Pengantar Kelahiran kepada pemohon

 

Jangka Waktu Pelayanan :

  1. Dapat ditunggu jika memenuhi syarat dan lengkap
  2. Menyesuaikan pemohon apabila belum memenuhi syarat dan menunggu waktu untuk melengkapi

 

Biaya / Tarif :

Tidak Ada / GRATIS

 

Saran dan Masukan :

  1. Melalui tatap muka secara langsung
  2. Melalui E-Mail Desa : desa.bawuran@bantulkab.go.id
  3. Melalui Telepon : (0274) 441168
  4. Melalui Media Sosial Facebook : www.facebook.com/official.desabawuran

 

Dasar Hukum :

  1. Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan sebagaimana telah diubah dengan Undang-undang Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2013;
  2. Peraturan Pemerintah Nomor 102  Tahun  2012 tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah Nomor 37 Tahun 2007 tentang Pelaksanaan Undang-undang Nomor 23 tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan;
  3. Peraturan Presiden Nomor 25 Tahun 2008 tentang Persyaratan dan Tata cara Pendaftaran Penduduk dan Pencatatan Sipil;
  4. Peraturan Daerah Kabupaten Bantul Nomor 16 Tahun 2007 sebagaimana telah diubah dengan Peraturan Daerah Nomor 17 Tahun 2011 tentang Pembentukan Organisasi Dinas Daerah di lingkungan Pemerintah Kabupaten Bantul;
  5. Peraturan Daerah Kabupaten Bantul Nomor 16 Tahun 2015 tentang Tertib Administrasi Kependudukan ;
  6. Peraturan Bupati Bantul Nomor 35 Tahun 2016 tentang Petunjuk Pelaksanaan Peraturan Daerah Kabupaten Bantul Nomo 16 Tahun 2015 tentang  Tertib Administrasi Kependudukan;