Penyuluhan Kesehatan Reproduksi Pada Remaja

29 Juli 2018
Administrator
Dibaca 106 Kali
Penyuluhan Kesehatan Reproduksi Pada Remaja

LensaBawuran - Penyuluhan Kesehatan Reproduksi pada Remaja kali ini menyasar MTs Binaul Ummah yang berad di Dusun Tegalrejo. Penyuluhan dilaksanakan oleh Mahasiswa Praktek Belajar Lapangan (PBL) Stikes Surya Global, Senin (23/7/2018). Pelaksanaan penyuluhan pada sore hari ketika seluruh proses pembelajaran selesai. Diikuti oleh seluruh santri Pondok Pesantren sekaligus MTs Binaul Ummah yang jumlahnya kurang lebih ada 86 santri.

Selaku narasumber olehNur Aziz Alami, mahasiswa Kesehatan Masyarakat PBL Stikes Surya Global. Tema yang diangkat tentang Herpes, yakni penyakit menular seksual umum yang ditandai dengan nyeri dan luka pada alat kelamin. Dijelaskan pula gejala-gejala yakni biasanya dapat didiagnosis sendiri, nyeri, gatal, dan luka kecil muncul lebih dulu. Kemudian membentuk bisul dan koreng. Setelah infeksi awal, herpes genital menjadi tidak aktif di dalam tubuh. Gejala dapat kambuh selama bertahun-tahun. Pengobatan terdiri dari antivirus dan perawatan diri, serta obat-obatan dapat digunakan untuk mengelola wabah.

Dalam sesi tanya jawab banyak pertanyaan menarik yang memang harus diketahui oleh para santri. Harapannya setelah adanya penyuluhan ini, para santri dapat hidup lebih sehat agar terhindar dari berbagai macam penyakit khususnya penyakit herpes yang sering terjadi, baik di lingkungan sekitar maupun di tempat lain. (Adhy Irawan S. / Munaw PBL Stikes Surya Global Dusun Tegalrejo