Meriah..!! Perdana Peringatan Hari jadi Kalurahan Bawuran

02 Oktober 2023
Bawuran
Dibaca 1.252 Kali
Meriah..!! Perdana Peringatan Hari jadi Kalurahan Bawuran

Lensa Bawuran - Setelah terlaksana berbagai rangkaian acara menjelang Hari Jadi Kalurahan Bawuran, tiba akhirnya puncak  peringatan Hari Jadi Ke-193 Kalurahan Bawuran. Dengan tema "Gumbregah Nyawiji Hangleluri Budoyo Jawi", Pemerintah Kalurahan Bawuran melaksanakan Kirab Budaya yang melalui rute sepanjang kurang lebih 2,7 kiometer jauhnya, Minggu (1/10) dengan titik awal dan akhir di Lapangan Bawuran.

Sebelum pelaksanaan Kirab Budaya, dilakukan Upacara pembukaan yang dihadiri oleh Forum Komunikasi Pimpinan Kapanewon Pleret, anggota dewan se-Kapanewon Pleret dan beberapa dari luar Kapanewon Pleret, Mantan Lurah beserta istri, Mantan Pamong Bawuran beserta istri, Kepala Sekolah dan lembaga yang ada di Kalurahan Bawuran. Selaku Inspektur Upacara Lurah Bawuran, Supardiono SSn dan Komandan Upacara, Giyanto yang menjabat sebagai anggota Bamuskal keterwakilan dusun Bawuran II. Peserta upacara yang merupakan Bregodo dari Padukuhan dan sekolah dasar serta pondok pesantren. Masing-masing padukuhan membawa Gunungan yang berisi segala hasil bumi.

Setelah selesai upacara, Kirab dimulai dengan di garis awal Panewu Pleret mengangkat tanda dimulai berjalan peserta kirab. Lurah Bawuran beserta istri dan Ketua Bamuskal beserta istri dengan menaiki andong kebesaran berada di depan setelah Bregodo. Di belakang andong mengikuti rombongan Pamong Kalurahan, Kreasi Jathilan, Dusun Tegalrejo, Bawuran I, Bawuran II, Jambon, Kedungpring, Sentulrejo, dan Sanan. Di belakang Bregodo Padukuhan, diikuti oleh sanggar senam Sri Senam dan Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) ranting Jati  yang juga ikut memeriahkan Kirab Budaya ini.

 

Setelah rombongan sampai kembali di Lapangan Kalurahan Bawuran, dilanjutkan pertunjukkan penampilan dari masing-masing rombongan yang ikut dalam Kirab Budaya. Masing-masing menampilkan kebolehannya yang dapat menarik perhatian tamu undangan dan warga yang antusias melihat setiap pertunjukkan.

Tak sampai disitu, panitia juga sudah menyediakan banyak doorprize yang siap dibagikan kepada peserta kirab yang beruntung. Walaupun panas terik, tidak menyurutkan warga untuk mengikuti acara sampai akhir. Setiap penarikan undian menjadi momen menarik bagi peserta kirab, apalagi ditambah hiburan yang dilantunkan oleh Bisma Entertainment. Hadiah demi hadiah diberikan kepada yang beruntung dan pada akhir penarikan undian sebagai hadiah utama Kulkas, peserta yang beruntung adalah warga Tegalrejo yang diserahkan langsung oleh Lurah Bawuran. (AIS)