Dusun Sanan Konsisten Lestarikan Budaya

26 Agustus 2024
Bawuran
Dibaca 265 Kali
Dusun Sanan Konsisten Lestarikan Budaya

Lensa Bawuran – Dalam melestarikan budaya, Dusun Sanan, Kalurahan Bawuran, melaksanakan Kirab Budaya yang dibalut dalam keragaman kekinian, menciptakan kesempatan bagi masyarakat untuk bersatu dan berbagi kebanggaan akan warisan serta memberikan hiburan rakyat masyarakat sekitar.

Dalam rangkaian acara, dilaksanakan upacara pembukaan bertempat di lingkungan rumah Bapak Suparmin di RT.05 sekaliugus menjadi titik start kirab, yang diikuti oleh Tamu Undangan, dan peserta kirab yang berasal dari 7 RT yang ada di dusun Sanan.

Turut hadir dalam acara kirab budaya, Lurah, Carik, Pamong Kalurahan, Dukuh dari Dusun lainnya serta Ketua PKK Kalurahan Bawuran.

Dalam sambutannya, Supardiono SSn, selaku Lurah Bawuran, memberikan dukungan serta mengucapkan terima kasih kepada warga masyarakat dusun Sanan yang telah bersatu dan melaksanakan acara ini dengan penuh sukacita dan guyub rukun.

Kirab dimulai pukul 08.00 dengan diangkat bendera start oleh Lurah Bawuran. Barisan pertama dari RT.05 yang sekaligus membawa Gunungan berupa hasil bumi. Diikuti oleh barisan RT.03 hingga barisan terakhir yaitu RT.06 dengan membawa maskot berupa Buto Ijo. Rute yang diambil dari RT.05 menuju RT.06 melewati perbatasan padukuhan Kedungpring yaitu Rumah Wakaf, kemudian kembali masuk ke kawasan padukuhan Sanan yaitu di RT.01 dilanjutkan ke arah RT.04 dan terakhir menuju ke titik awal yaitu di rumah Bapak Suparmin di RT.05.

Display dilakukan setelah kirab yang bertempat di lokasi start. Penampilan display selesai pukul 13.00 dilanjutkan hiburan dangdut.

Kegiatan ini juga dalam hal mendukung Kalurahan Bawuran dalam rangkaiannya menjadi Kalurahan Rintisan Budaya. Selain perayaan, kirab budaya diharapkan dapat mendidik masyarakat tentang sejarah dan nilai-nilai budaya.