Kejar Aktivasi IKD, Disdukcapil Bantul Laksanakan Jemput Bola

13 Juni 2024
Bawuran
Dibaca 226 Kali
Kejar Aktivasi IKD, Disdukcapil Bantul Laksanakan Jemput Bola

Lensa Bawuran - Pemerintah Kalurahan Bawuran, bekerjasama dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bantul, melaksanakan jemput bola dalam rangka aktivasi Identitas Kependudukan Digital (IKD).

Untuk mensukseskan dan mengoptimalkan agar warga yang mau melakukan aktivasi IKD, Pemerintah Kalurahan Bawuran melakukan sosialisasi sejak 1 bulan sebelum pelaksanaan, baik melalui pertemuan-pertemuan di padukuhan, maupun melalui media sosial seperti grup WhatsApp dan media sosial milik Kalurahan Bawuran.

Terbukti dari sosialisasi tanpa henti tersebut, petugas dapat melaksanakan aktivasi dengan hasil komulatif sejumlah 1.269 warga. Adapun rincian masing-masing adalah sebagai berikut :

1. Padukuhan Sanan, yang melaksanakan aktivasi pertama kali di Kalurahan Bawuran, yaitu pada hari Senin (3/6) bertempat di kediaman Dukuh Sanan, berhasil mengaktifasi 228 warga;

2. Yang melaksanakan aktivasi selanjutnya adalah dusun Sentulrejo yaitu pada hari Selasa (4/6) bertempat di kediaman Dukuh Sentulrejo, berhasil mengaktifasi 128 warga;

3. Di dusun Kedungpring yang dilaksanakan hari Rabu (5/6) diaktifasi oleh petugas sejumlah 108 warga;

4. Hari Kamis (6/6) aktifasi 156 warga dusun Jambon;

5. Di minggu berikutnya, yaitu hari Senin (10/6) di dusun Bawuran I mengaktifasi 196 warga;

6. Di hari Selasa (11/6) petugas berhasil melaksanakan 242 aktivasi di dusun Bawuran II; dan

7. Berhasil mengaktifasi 211 warga dusun Tegalrejo pada hari Rabu (12/6).

Dari kegiatan tersebut diharapkan kemajuan teknologi saat ini dapat diikuti oleh warga Bawuran sehingga mampu menghadapi kemudahan dalam pengurusan administrasi kependudukan.

Kelemahan dari kegiatan ini karena diadakan pada hari kerja maka warga yang hadir tidak bisa lebih optimal, lebih memilih untuk bekerja daripada mengikuti kegiatan ini. Disamping itu, banyak warga yang telah lanjut usia dan warga yang tidak dapat mengoperasikan gadget seluler bahkan tidak memilikinya sehingga jumlah aktifasi berkurang. Ke depan semoga dapat melaksanakan jemput bola aktivasi IKD di akhir pekan Sabtu dan Minggu. (AIS)